Wednesday, May 30, 2018

# 24w3d pregnant # bumil

PGY before mudik

Menjelang sahur dan tak bisa tidur...
Hai Ladies,

Adakah dari kalian yang sering begitu? Jadi gak tidur dulu sampai sahur, baru nanti abis sahur tidurnya, dan bisa kayak kebo gitu, baru bangunnya jam stgh 10 gitu...hahaha. Aku banget tuh, akhir2 ini, kecuali hari ini, Selasa, tanggal 30 Mei 2018. Karena udah janjian Prenatal Gentle Yoga sama bidan Pipit jam 8-an pagi rencananya.

Aku kebangun dong, agak panik denger alarm hp. Ups, udah jam stgh8 aja, perasaan baru aja leyeh2. Langsung cuci muka ganti baju excercise. Terus, ada whatsapp, bidan Pipit bilang mau anter anak2 dulu. Okey, aku balas. Dan leyeh2 udah pake yoga mat dan bantal, latihan nafas sambil berbaring. Eh, ketiduraaan lagi dooong ahahahak. Jam 9 aku bangun belom dateng juga. Bangun lagi, dan latihan nafas dengan ganti sisi, walaupun masih berbaring. Entah karena sukses latihan nafasnya atau emang aku masih ngantuk, eh, ketiduran lagi sampe jam 10, wahahaha. Dan bidan masih belum datang.

Silau siang masuk ke mataku, dan aku kebangun akhirnya, dengan bahagia karena bisa mak-ler ketiduran enak banget. Dan setengah 11 akhirnya bidan dateng, dia minta maaf karena ada drama sama anak2nya gak mau dititipin ke nenek kakeknya hihihi. Aku bilang, gapapa bidan, aku jadi sempet bobok dulu :p

Nah, kali ini kita mau latihan pake Buseger dari @bidankita untuk pose-posenya, udah dikocok dan diambil masing2 2 kartu. Awalnya, gara2 aku nanya, pose apa dulu sih yang harus dilakuin kalo PGY itu?
Ternyata selama ini aku salah. Jadi harusnya pose mulai dari :
Gentle birth card - pranayama
1. Kuning - pose berdiri
2. Merah - Pose Merangkak
3. Hijau - Pose Duduk
4. Biru - Pose Berbaring
Ditutup dengan gentle birth card lagi - pranayama
Relaksasi deh.
Buseger - @bidankita
Dan itu pose2 yang kita pilih secara random, dan mulai deh sesi yoga kali ini sehabis cek dopler heartbeat si baby. Detaknya kira2 140an avg, cepet untuk baby cewek :) kayak bumynya, aktif bener wkwkwk. Dan mba Pipit pas ngeraba baby bumpku, bisa tau, eh mba Tammy, ini pantatnya baby nih, coba deh rasain. Pas aku yang megang, kata dia kan pantat itu bulat dan agak lembek, aku tetep aja ga terlalu ngeh rasanya wkwkwk. Dia lagi mantat-in perutku, punggungnya juga berasa, jadi arahnya lagi ke bagian organ dalamku, gitu, Ladies :) Lucuuu yaaa...

Ok, dan sehabis itu, kita mulai latihan, soalnya udah jam 11 nih Ladies, keburu siang! Hihaaa.
Pertama, latihan Nadi Sodhana dulu...nafas bergantian pake nutup hidung tapinya, gantian lubang hidung kanan inhale-kiri exhale, kiri inhale-kanan exhale, secara teratur dan aware sama nafas sendiri. Ini bagus banget untuk persalinan nanti kata bidan, bismillah yuk latihan.
Nadi Sodhana - latihan nafas
Kalo yang ini pose2 lainnya. Hari ini posenya heboh dan harus semangat Bumy & babynya, supaya lentur dan relax ototnya.
Anantasana
Bridge Pose
Dolphin Pose
Pokoknya, intinya adalah gimana kita bisa mengoptimalkan posisi janin dengan PGY hingga saatnya nanti persalinan. Dan selama ini affirmasiku adalah gimana baby ini sehat terus, bisa saling support sama bumynya untuk bisa lahir dengan gentle dan selamat, dan semoga dia tau jalan keluarnya sendiri dengan lancar tanpa halangan apapun. That's it. Semoga Allah mengabulkan, dan nanti persalinan bisa normal dan bahagia, team provider baik dokter dan bidannya semoga juga support selalu Bumy dan babynya, aamiiin.

Udah, sekian dulu ah ceritanya. Capek nih ngetik melulu, ahahaha.
Salam dari kami, bidan cantik dan bumil montok, wahahahhaa.
Bye & see you, Ladies.
Semoga ceritaku bermanfaat ya!
Bidan Pipit & 70kgs me :p

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018