Thursday, May 17, 2018

# bumil puasa # busui puasa

Puasa saat Hamil?

Dear Ladies,

Halo, apa kabar? 
Aku ucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1439 H bagi umat muslim yang melaksanakannya ya, semoga puasa kita lancar, sehat dan berkah berlimpah. 
Puasa kali ini spesial banget buatku, secara aku kan sekarang lagi hamil pertama, dan memasuki weeks ke-23, insyaa Allah kandunganku sehat dan sanggup untuk menjalankan puasa. Dan day 1 tanggal 17 Mei 2018 ini puasaku nyaman dan baby gak rewel alhamdulillah, dia aku hibur dengan ibadah dan tarawih hihihi.

Walaupun aku memang belum kontrol ke dokter lagi (baru kesana hari Sabtu besok atau minggu depan awal minggu), dan rasanya gak sabar pengen liat si baby udah bertumbuh kembang sejauh apa di usia kehamilan 22 weeks 4 daysku ini. Nanti USG, bumy dan padi bakal ketemu kamu, sayang... :)

Nah, banyak yang pro dan kontra juga sih. Puasa saat hamil gapapa tuh buat janin?
Biasanya keluarga yang khawatir, kamu bakalan kuat dan OK gak buat janin yang di dalam kandungan?
Memang kalo aku googling, sebenernya ibu hamil boleh dan sah aja gak puasa Ramadhan, asal nanti diganti dengan meng-qada saat sudah sanggup sesuai hari batalnya, atau bila gak sanggup bayar fidyah sesuai yang kita makan sehari. Misal kita makan sehari 4x, ya kita fidyah 4x makan dikalikan aja sama jumlah hari batal puasa.
Tapi kalo aku, gak tau kenapa niat banget buat puasa tahun ini. Ngincer sehat dan berkahNya sih, bersyukur banget aku bisa hamil setelah 4 tahun sabar menanti. Memang kehamilanku dibilang mudah tapi gak mudah juga, karena kan ada riwayat flek di trimester pertama yang bikin deg-degan gitu kan, Ladies. Tapi aku yakin aja sih, insyaa Allah aku dan baby kuat dan sehat, asal ikutin saran dari banyak source lah di google, kayak :

1. Makan sahurnya dengan kalori yang cukup untuk ibu hamil. Kalo aku mengartikan ini (karena aku jarang hitung-hitung kalori), adalah gimana caranya pas sahur makan yang cukup karbohidrat, protein, sayuran, buah, susu dan vitaminnya diminum. Lalu, saat berbuka juga harus disegerakan ya bumil...dengan takjil yang bergizi, minum air putih glek glek glek yang banyak, makan kurma kalo bisa karena katanya cepet meningkatkan metabolisme tubuh kita, dan segerakan makan besar denga lauk dan sayur yang bergizi bila sudah terasa lapar.

2. Minum air putih yang banyak. Yaaa...walaupun kalian bakalan mondar mandir pipis ke kamar mandi, tapi yang penting baby kita terjaga dari dehidrasi. Kalo bisa jangan minum yang lainnya selain air putih, kecuali minum susu hamil menurutku it's a must. Jadi, susu hami + air putih yang super banyak saat sahur dan berbuka.

3. Jangan terlalu banyak kegiatan saat puasa. Kalo aku, karena aku kerjanya dari rumah, atau kerja diluar kadang2, jadi ini bisa tercapai dengan mudah. Aku bisa dengan mudah atur jadwalku, kapan harus kerja, istirahat, beribadah dan masak untuk berbuka dan lainnya. Tapi buat Ladies yang ngantor, harus ekstra waspada dan jangan terlalu capek ya. Hindari stress di tempat kerja dan kalo bisa gak usah mikir/ angkat yang berat2. 

4. Olahraga boleh, asal jangan olahraga berat. Kalo aku sih ini penting ya, karena katanya masuk trimester 2 itu harus lebih sering menggerakkan tubuh supaya gak back pain, kaki bengkak atau keluhan ibu hamil lainnya. Untungnya, kita sholat wajib sehari 5x, plus sholat sunnahnya kalo mau dilaksanakan, jadi bisa gerak dan stretching tubuh secara alami. Tapi, lainnya itu saya pilih yoga atau jalan kaki. 
ceritabumy-22w4d-pregnant-puasa-saat-hamil
22 weeks 4 days pregnant
5. Atur waktu tidur. Nah ini penting banget Ladies. Bumil itu memang harus beristirahat lebih banyak dibanding wanita yang gak hamil. Diatur aja waktunya, bangun tidur untuk siapkan sahur, lalu setelah Subuh yang sempat tadarus setelahnya bisa tidur sebentar sebelum berangkat kerja. Atau disela-sela istirahat kantor bisa tidur sebentar. Intinya sih istirahat ya, bukan harus tidur juga. 

6. Bila kalian merasa gak sanggup meneruskan puasa karena misal, ada sakit di bagian perut, merasakan haus yang berlebihan, atau keluhan lain yang Ladies anggap bisa mambahayakan kalian sendiri dan baby, segerakan membatalkan puasa ya!

Untuk busui alias wanita menyusui juga sama seperti diatas tips2nya, malah mungkin lebih terasa lapar dan haus lagi dibanding bumil ya, denger2 sih begitu wkwkwk. Akan tiba saatnya aku nanti, insya Allah.

Nah, sekian dulu deh sharingku tentang pengalaman pertamaku puasa saat hamil trimester 2 ini. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk beribadah di bulan yang suci ini ya, Ladies. Take care pokoknya.
Met puasaaaa...
See you again soon! Mungkin after aku check baby ke dr. John, aku bakal nulis lagi ya. Byeee...

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018