Thursday, July 5, 2018

# bumil # bumy mudik

Till we meet again, Solo!

Ola, Ladies,

Aku mau sedikit cerita nih tentang kegiatanku selama mudik di Solo.
Terutama cerita tentang kunjunganku ke dokter kandungan referensi dari dr. John Sondakh SpOG selama aku disana, untuk usg atau untuk minta surat keterangan naik pesawat buat bumil :)
Yang jadi rekomendasi dr. John adalah dr. Sigit Setiaji SpOG, beliau praktek di 2 tempat, yaitu di Mommies Clinic di Jl. Gajah Mada Solo (ini klinik pribadi dr. Aji) dan di RS Hermina Jebres, tapi aku lebih pilih di Mommies Clinic aja, lebih deket sama kuliner kesukaanku, jadi bisa mampir wkwkwk, yaitu Mie Bandung Lik Gi & Waroeng Combo (reviewnya coming soon di Maniak Makan).

Jadi, di tanggal 13 Juni 2018, 2 hari menjelang Lebaran, aku konsultasi ke dr. Aji, kangen sih sama baby dan pengen tau banget kondisi dia bagaimana selama di Solo. Karena jujur, di Solo saya banyak nongkrong dibanding di Jakarta, dan lebih banyak naik motor, karena sebenernya suasana jalanan di Solo gak se-crowded di Jakarta si h, dan lagian yang deket2 juga, jadi insya Allah gak kenapa2, bismillah aja terus hehe.

Nah, aku dapet giliran jam 4 sore datengnya, dan konsul ditemenin Padi, suamiku. Dokternya sopan dan ramah, kami kenalan dan saya bilang kalo dia adalah dokter rekomendasi dari dr. John, yang ternyata adalah rekan se-almamater. Langsung kita USG 2D, dan hasilnya...baby saya langsung dibilang, ini bayinya cewek ya bu. Saya langsung, keliatan jelas ya dok? Soalnya pas dr. John yang usg, babynya posisi ngumpet melulu, jadi 75% deh perkiraan perempuannya, 100%nya tunggu lahiran katanya. Hehehe.
Alhamdulillah, it's official. FEMALE. 

Kondisi hari ini babynya sehat, usia kandungan 26 minggu-an, posisi kepala sudah dibawah, dengan air ketuban yang cukup, dan plasenta sudah pada posisinya - denyut jantungnya normal, otak normal (insya Allah gak ada ke arah hidro/micro sefalus), dan umbilikalisnya pun sehat, artinya semua nutrisi dari Ibu ke Bayi diterima dengan baik. Aamiin, alhamdulillah, semoga kondisi baby selalu sehat.
Lalu aku bilang kalo HBku agak rendah, jadi dikasih sama dr. Aji Ferospat dan calsium juga (Calnic), jadi aku vitaminnya nambah lagi selain Blackmores pink.

Lalu....zzztttt...langsung dicepetin aja yah, sebelum aku pulang, tepatnya pas hari kami mengadakan syukuran Nujuh Bulanan, tanggal 27 Juni 2018, 2 hari sebelum kepulanganku ke Jakarta, kita check up lagi sekaligus minta surat keterangan sehat untuk bumil yang usia kandungannya udah diatas 28 weeks ini, karena kami balik ke Jakarta by plane.

Ketemu dr. Aji lagi tapi kali ini gak sama Padi, karena dia ada jadwal recording kalo gak salah, dan saya pun mau pregnant massage abis konsultasi, ceritanya pengen tau massage buat bumil tuh gimana sih. Nah, kali ini konsultasi saya juga alhamdulillahnya sehat dan baik semua, cuma karena sayanya agak bawel jadi 2x diingetin sama dokter, bahwa dia akan jelasin hasil usgnya duluuuu...baru aku nanya boleh deh wakakaka.. Gak konsen dia, Ladies. Maaf ya dok :p

Hari ini babynya kelilit 1 tali pusar, tapi kata dokter gapapa, karena memang di usia kandungan saya ini si bayi masih aktif bergerak2 terus, nanti kalo udah diatas 36 weeks baru agak was-was kalo kelilit. Anak Bumy pinter ya, jangan mainan tali puser heboh2 ya Nduk, hehe.

Sehabis itu minta dibikinkan surat, tapi sembari nunggu suratnya aku mau massage dulu sama mba Tyas. Mba Tyas itu therapistnya, dia ramah banget, wong Solo asli, dan saat pijat kita ngobrol juga, saya gak bisa bobo sih. Nah, ternyata pregnant massage itu mirip kayak massage biasa, tapi terlentang dan miring ke kiri untuk mijat punggung (tapi gak keras dan areanya dia udah tau, namanya juga therapist, ya Ladies), tapi sebagai pecinta pijat keras alias harus berasa banget, pregnant massage ini cuma berasa kayak dielus ahahaha. Jadi, kayaknya mending saya massage biasa sama mba Kar aja deh, langganan saya, asal ga pijet bagian2 tertentu yang berdekatan sama perut dan panggul :p

Udah deh, sejam selesai massage, dan saya ga pake acara mandi karena massagenya pake baby oil, gak lengket dan tetep wangi. Lalu, saya tebus obat untuk 30 hari, Calsium (Calnic) dan DHAnya saya juga ambil, tapi bukan osfit DHA. Biaya massage Rp 115.000 dan biaya usg 2D disana itu gak terlalu mahal kok, kalo vitamin mah tergantung ya, relatif obat2an sih.

Nah, segitu deh ceritanya, Ladies. Btw, ini foto Bumy & Padi pas landing di Halim PK, Jakarta. Sepanjang perjalanan, si baby uget2 melulu, tekanannya berasa kayaknya ya, tapi aku berusaha tenang aja, karena emang selalu di Jakarta tuh ngantri mau landing doang, jadi emang lebih lama diatas, turbulensinya sih ga banyak, tapi angin tetep bikin pesawat rada goyang2 kan yaaa....ahaha. Untung aja Batik Air ada TV, paling gak bisa nonton biar si baby santai :)

Back to Jakarta!
Yawes, itu dulu cerita dariku ya, Ladies. Di Jakarta, aku akan terusin rutinitas olahraga yogaku dirumah, dan ditambah jalan pagi/sore supaya persalinannya makin lancaaaar nanti...aaamiiin.

See you soon, Ladies.
Till we meet again, Solo!

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018