Friday, September 7, 2018

# bengkak saat hamil # bumil edema

Edema di Trimester 3

Hello Ladies, 

Saya ngerasa harus post tentang edema ini karena akhirnya saya ngerasain juga yang namanya tangan dan kaki bengkak pas hamil. Hahaha.
Rasanya? Gak enak sama sekali! 

Setiap bangun tidur aku ngerasain sakit dan agak kebal di sekitar jari2 aku, sehingga aku harus stretching dulu sebelum ngapa2in. Biasanya kan bangun tidur aku subuhan, nah itu untuk matiin alarm subuh aja, jariku kaku banget. Rasanya gedeee kayak ada airnya. Setelah stretching baru enakan deh, tapi tetep bengkak. 
Jari tangan bengkak
Kalo kaki, rasanya sama. Sepatu pada ga muat semua. Paling enak pake sneakers yang ukurannya lebih besar dari ukuran kaki kita plus jangan diiket kenceng2, bisa makin parah bengkaknya... Atau pake flip flop paling enak deh hehe, tapi ya jadi susah ya kalo mau pergi agak cantik, kayak ke mall, harus ttp pake sepatu sport gitu 😅
Ini penampakan kakiku menjelang weeks 39, Ladies. Gak cantik blasss ahahaha. 
Kakikuuuu aaaaaak
Padahal, aku tiap hari tuh jogging, jalan pagi, prenatal yoga, tapi tetep aja, yang namanya hamil udah gede, pasti badan ga bisa nampung. Jadinya kaki dan tangan berkorban wkwkwk. Atau kayaknya juga aku suka berolahraga terlalu lama, jadinya berdiri terlalu lama juga gak bagus buat ibu hamil tua. 

Aku juga konsumsi garamnya gak dikurangi sih, mungkin baiknya ibu hamil gak terlalu konsumsi banyak garam. Solusinya ya setiap kambuh edemanya, aku naikkin kaki ke tembok 90 derajat gitu.. Atau pas tidur, kaki diganjel guling supaya lebih tinggi posisinya dari badan. Dab terbukti ampuh, cuma temporary ajaaah hehehe. 

Nah, buat kalian yang lagi hamil😎 jangan khawatir kalo edema terjadi sama kalian yah. Pokoknya yg berlebihan itu gak baik deh... Kayak berdiri kelamaan, makan garam berlebihan, olahraga berlebihan atau malah ga olahraga juga ga bagus, dan mengenakan sepatu yang kesempitan juga gak boleh. 
Okaaay? Sekian dulu cerita tentang edema di Trimester ketigaku, semoga bermanfaat buat kalian. 
Thank you, Ladies. 

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018