Tuesday, September 4, 2018

# cerita hamil # cerita si bumi

Rujukan ke RS Budi Kemuliaan

Hello Ladies,

Selamat malam. Hari ini aku mau cerita tentang kegiatanku hari Senin kemarin, tgl 3 sept 2018. Jadi hari itu jadwalku kontrol ke bidan di Puskesmas. Hari itu rame bgt, seperti Senin biasanya. Harusnya aku kesini selasa aja, mundur sehari gapapa kan wkwkwk. Penyesalan datang belakangan. 

Hari itu aku ketemu bidan Indah, dan periksa. Denyut jantung baby oke, tapi dia agak concern di berat badan baby, krn bidan ngukur dr hitungan tinggi fundusku yang gak berubah dari terakhir aku check up. Dan aku juga bilang kalo dr hasil usg terakhir sama dr. John Sondakh di Brawijaya hospital Depok bahwa posisi baby Occiput Posterior. Masih keliatan muka babynya walaupun posisi udah kepala dibawah. 

Nah, jadi bidan merujuk untuk usg lagi, di RS Budi Kemuliaan Tanah Abang, yang langsung diurus dan bisa dipakai surat rujukan tsb hari itu juga hingga 3 hari kemudian. 

Akhirnya aku n suami memutuskan untuk kesana siang itu, krn ngecek jadwal dokter via telepon ke RS Budi Kemuliaan untuk BPJS ada 2 dokter yang bertugas siang itu. Jadi bisa langsung dateng aja. 
Selfie dulu di RS Budi Kemuliaan yang classic
Tapi... Kami agak kurang beruntung ya... Karena hari itu 2 dokternya, yaitu dr. Moh Baharruddin SpOg dan dr. Moh. Rifki SpOg telat 2 jam dari jadwal praktek, jadi dari jam 2 pm, baru sekitar jam 5 aku dipanggil, btw aku sama dr. Moh Rifki... Awalnya sama dr. Bahar tapi dapet antrian nomer 19 gila betullll... Jadi aku pindah ke dr. Rifki yg dpt antrian ke 10.

Abis usg, aku tanya pertanyaan yang pihak puskesmas minta aku tanyain, yaitu bisa lahiran di puskesmas atau harus di RS? Dan sejujurnya dr. Rifki bilang kalo anak pertama lebih baik lahiran di RS, mengingat anakku ini kan didapatkan setelah infertile selama 4th. Begitu... Disuruh balik lagi mingdep, krn hasil usg baik, kepala udah dibawah, dan udh masuk panggul sedikit, nanti posisi janin akan optimal kalo aku rajin jalan. Dan disuruh minum banyak air putih, telor ayam kampung, makan kacang almond (ini harusnya dr trimester 2 udah dibiasain), dan karena babyku perkiraan udah 3kg, so jaga makan dengan kurangi karbo, jadi perbandingan lauk/sayur dengan nasi 3:1. Tapi ada sedikit yg aku sesali, dr. Rifki ini cepet2 alias buru2 bgt. Jadi aku gak sempet nanya macem2. Occiput posterior pun dia ga terlalu anggep, dia suruh aku rajin jalan krn babynya masih bisa muter walau udh di panggul. 

Tapi BPJS admin, anggep bahwa infertile gak bisa dijadiin aku ke RS Budi Kemuliaan untuk lahiran, disuruh balik ke puskesmas aja lahirannya, krn kan usg presentasinya normal yaitu kepala, walau occiput posterior. Kecuali presentasi muka baru ga bisa di bidan, harus di RS. 

Dan setelah ini aku hari Kamis, 6 sept 2018 balik ke puskesmas lagi buat ngasihtau ttg rujukan ke RS Budi Kemuliaan itu. Dan aku malah disuruh ke brawijaya hospital Dépok lagi, untuk usg lagi. Ku jadi bingung, kok si bidan khawatir bgt sih? Ini aku yakin ada sesuatu miskom. 

Oke lah, yg penting aku ke dr. John Sondakh dulu aja, usg lagi dan kayaknya emang paling nyaman n nyambung konsul n usg sama dia. Jadilah ku pulang dulu ke Depok, rencana ga lama2, cuma sampe Sabtu aja. 

Nantikan cerita selanjutnya ya. Doain kehamilanku ya Ladies. Thank you! 

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018