Saturday, November 17, 2018

# bayi # busui

Post Partum di RS

Hello Ladies.
Hari ini aku mau cerita tentang sehari di RS Bhakti Mulia setelah kelahirannya Sakura. 
Jadi aku di RS itu mulai tanggal 16 September malam, lahiran tgl 17 September jam 00.40, dan nginep sehari baru tanggal 18 September siang, aku boleh pulang kerumah. 

After giving birth, aku mungkin baru dipindah ke kamar inap Camelia 1 itu jam 2 pagi ya, karena proses jahit menjahit itu agak lama, dan ketemu plus foto2 bareng keluarga besar, sama Padinya ngadzan-in Sakura juga, baru pindah deh. Alhamdulillah sih udah bisa jalan waktu mau pipis di kamar mandi, walaupun kayak siput, pelaaaan bangeeett... Hahaha. Maklum abis dijahit, Sis!

Alhamdulillah dikamar cuma ada kita, jadi bisa leluasa boboan di kasur sebelahnya buat Padi or Nonnanya (Nonna = Neneknya Sakura) yang nemenin aku nginep. Karena Camelia itu kamar kelas 1, jadi ada 2 bed per kamar. Nah, setelah istirahat, aku lupa juga sih istirahatnya tidurnya pules atau enggak hahaha, pokoknya yang aku inget, tiba2 ada bidan ngetok kamar, masuk dan bilang nanti abis bayinya dimandikan pagi2 jam 6an dibawa ke kamar untuk rooming in sama kita, biar bisa disusui sama Buminya. 

Baby Sakura, rooming in day 1

Ini dia si cantik anak kesayangan bumi n padi udah dateng... Alhamdulillah ya nak. Dan akupun belajar menyusui dibantu sama bidan positioning menyusui yang benar. Walaupun masih kagok karena baru pertama kali megang newborn Sakura kaaan? Mari menyusui, semoga asiku udah keluar, pikirku gitu. Udah deh, susuin terus sampe dia udh ngantuk, baru aku taro di bed dia. Pokoknya pagi sampe siang itu cuma isinya istirahat, makan, dan nenenin Sakura. Pagi2 sebelum berangkat kerja Utitam juga mampirin lihat Sakura dulu... Makasih Utinya Sakura! 
Menyusui Sakura, day 1
Lalu, hari itu sore2 aku kedatangan 4 tamu, yang pertama itu Meitha, sahabatku sejak SMA. Sayangnya yang lain belom bisa dateng pada kerja n nyusul aja ketemu Sakuranya hehe. Thanks jeng meith...dibawain Holland Bakery segala, alhamdulillaah..thanks Met...sayangnya ga foto2. 
Terus, ada tamu lainnya, 3 orang, temen2nya momiku, alhamdulilah makasih tante pipop, tante yanti, juju...
Sakura kedatangan tamu
Malam pun tiba, gak ada visitor lagi.
Tapi, ternyata sekitar jam abis maghrib, ada pasien lain disebelahku masuk. Dia akan bersalin caesar besok, jadilah akhirnya Padi gak bisa nginep. Dia pulang dulu untuk istirahat, kasian kan kalo harus bobo dibawah. Aku dan momi bobo di 1 bed bareng, Sakura di bednya sendiri, terpisah - kutempatkan disebelah bedku persis. Sepanjang malam, Sakura ga berhenti-berhenti minta nenen. Aku yaaa...sampe mulai lecet puting payudaranya, karena semalaman dia minta nenen terus, gak tau kenapa. Ternyata aku ya baru ngeh kalo asiku belum keluar, jadi wajar lah dia haus. Pas ada bidan yang dateng, aku cuma dibilangin, susuin terus bu, nanti juga keluar asinya. Alhasil, putingku lecet dan perihnya alamak, bikin mau nangis. Sedih deh, campur aduk antara gak tega lihat anak kita nangis, asi belum keluar dan karena aku nulis ini setelah asiku udah keluar, penyebabnya ya karena kita gak menyiapkan payudara kita sebelum lahiran. Harusnya distimulus dengan pijat payudara, dan jamu, bahkan sebelum lahiran asi sebenernya udah bisa keluar. Pelajaran berharga banget, yang harus kubayar dengan nahan perih puting lecet semalaman, yang mengakibatkan besoknya, aku agak trauma dengan Sakura tiap dia mau menyusui. Sedih banget.

Tapi akhirnya, tgl 17 pun berlalu walaupun aku dan momiku udah kayak zombie karena tidurnya selalu keganggu Sakura yang kehausan, nangis terus walaupun udah dinenenin (gak ada asinya).
Padi, Bumi, Sakura, Nonna
Lalu tanggal 18 September 2018 pun masih begitu, sakura masih kehausan, tapi kata bidan jangan nyerah, terus susuin aja. Sampe akhirnya kata dokter pas visit, siang ini kami sudah boleh pulang. Alhamdulillah. 
Kami pulang dan semua keluarga udah nunggu2. Dan proses menyusui pun makin berat, karena asiku masih tetep belum keluar dan lecet puting makin parah. Nangis2 aku. Sedih banget. 
Sampe besoknya, 19 sept 2018, walaupun aku udah dipijat payudara sama sepupuku, dichan - tetep gak keluar asinya, malah darah yg keluar. Aaah, sakitnya gak usah ditanya, Ladies. Tau kan, kalian yg ngalamin? Hiii.... 

Akhirnya, yang ditakutkan terjadi, sakura mulai panas, suhu termo sudah 37.6°, langsung dilemma tapi daripada dehidrasi berkelanjutan akhirnya bumi dan padinya sepakat untuk kasih sufor. Pake botol dot dia gak mau pulaaa... Jadinya disuapin pake sendok, lama kan, jadi dia tetep gak kenyang. Dan kita memutuskan besok, 20 september 2018pergi ke dokter di RS Bhakti Mulia. Sekalian ke dokter Miko spog untuk cek jahitan dan utamanya ke dr. Rudi untuk cek panasnya sakura.

Kita lanjut di cerita berikutnya ya. 

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018