Tuesday, November 20, 2018

# bilirubin tinggi # cerita si bumi

Sakura Kuning

Hi Ladies,
Hari ini, lanjut cerita kemarin setelah Sakura panas, akhirnya tgl 20 september 2018, hari ke 3 Sakura lahir - bumi, padi n nonna ke RS Bhakti Mulia lagi, nonna alhamdulillah masih cuti kerja jadi bisa nemenin. Kita berangkat jam 13.00 siang karena jadwal antrian dr. Miko spog jam 14.00, setelah itu baru Sakura jam 16.00 ketemu dr. Rudi spA. 
Ke dr. Miko alhamdulillah jahitan ok, dibersihin sekalian, dan sekalian tanya juga tentang puting yg lecet, katanya obatnya memang asi yg dioleskan ke puting yg lecet itu, atau nipple cream sementara asi belom keluar. Dan dr. Miko bilang, Sakura kayaknya kuning nih bu. Tapi nanti lebih akuratnya ke dr. Rudi aja. Wah,  aku dibilang begitu deg2an banget. Karena sebabnya asiku memang belum keluar, dan biasanya sakit kuning karena dehidrasi. 
Betul aja, setelah jam 16.30 kita masuk ke ruang praktek dr. Rudi, Sakura diminta tes darah karena ada kemungkinan kuning dan untuk tau harus dirawat inap atau enggak. Langsung kita ke lab, sampe kasian liat Sakura diambil darahnya nangis diaaa... Huhuhu. Hasilnya nunggu sejam kemudian. 

Sejam kemudian, Sakura yang ternyata golongan darahnya O, bilirubinnya tinggi, sampe 15 yang seharusnya normalnya hanya 11-12. Langsung kami memutuskan untuk dirawat inap malam itu juga. Tanpa bpjs, karena sakura belum dibuatkan bpjsnya. Ini jadi pelajaran juga sih, harusnya pas aku ganti faskes waktu hamil saku 8 bulan, sekalian dibuat. 
Alhamdulillah bisa langsung dirawat inap. Ada slot ruang sinar uv tanpa ngantri. Rencana 2 hari rawat inap. Beli kacamata untuk sakura disinar. Karena gak boleh kena mata sinarnya, dan dia pake pampers aja, tanpa pakaian. Setelah Sakura masuk ke ruangan, kita semua langsung pulang sehabis itu, untuk menyiapkan barang2 yang dibutuhkan Sakura selama dirawat. Seperti pampers dan tisu basah, bedong, selimut/alas tidur, dan ibunya harus menyusui tiap hari atau setor asip, atau kasih sufor kalo memang belum bisa menyusui. 

 Jadi, sakura aku titipkan sufor dan tiap hari aku akan datang menyusui. Semoga besok asiku sudah keluar. Hari ini aku minum habbatusauda, susu menyusui, dan sari kurma. Semua kuminum demi asiku keluar. 
Dan malam pertama tanpa sakura dipelukan, tgl 20 september malam, bener2 sengsara. Aku ga berenti ciumin bau baju bekas sakura yg belum dicuci sambil nangis. Tapi aku ga boleh lama2 sedihnya, karena kalo sedih or stress, asi gak bakal keluar karena ngaruh banget kondisi psikis ke produksi asi. Bismillah aja, ini saatnya aku memulihkan kondisi putingku yg lecet dan pijet payudara supaya cepet keluar asinya. 
Check up Sakura
Padi ikut berjuang nemenin bumi menyusui
Dan alhamdulillah, doaku dijawab Allah. Bangun tidur besoknya, tgl 21 september 2018 payudaraku rasanya penuh dan sakit. Senggol bacok gitu...sakit bgt dan ini tandanya asiku udh ada, udh produksi. Langsung aku mandi pagi, ngurus bpjsnya sakura n padinya di joglo, alhamdulillah karena masih pagi jadi gak ngantri, baru setelahnya jadi pejuang asi untuk sakura, ke RS Bhakti Mulia. Pertama kalinya sakura minum asiku, alhamdulillah ya Allah... Walaupun belum banyak keluarnya, tapi yg penting cukup untuk kebutuhan sakura yg ukuran lambungnya masih kecil bgt. Seharian aku menyusui dia di RS, bareng sama salah satu ibu yg anaknya disinar juga. Dan pumping juga, walaupun masih baru keluar 20ml udah bagus, semangat! Oya, saat aku gak disana, sakura campur minum sufor juga selain asi supaya tetap terpenuhi kebutuhan cairannya. 

Harusnya besok, tgl 22 september 2018 sakura udah boleh pulang. Pagi hari, aku n padi balik ke RS untuk menyusui. Dan siang ini sakura divisit dr. Rudi, lalu diambil darahnya. Tapi ternyata, saat hasilnya keluar jam 2, sakura diputuskan belum boleh pulang sama dokter, soalnya bilirubinnya masih 14.7 dari sebelumnya 15.8, masih tinggi. Jadi akan diobservasi dulu, kemungkinan nambah 2 hari rawat inap lagi. 

Dan ada mba mita, yang anaknya juga samaan masuk rawat inapnya, masih tinggi juga bilirubinnya, so samaan lagi, perpanjang sinarnya. 
Oya, mba mita itu asinya berlimpah banget, sampe aku heran karena kok anaknya bisa kuning padahal gak dehidrasi kan seharusnya. Ternyata bayinya ga dibangunin malemnya pas bobo, karena kasihan, padahal, bayi umur newborn harus tetep menyusui per 2-3 jam sekali. Gitu... Jadi pelajaran juga buatku nih. Lalu, untuk casenya Sakura, ternyata bukan hanya karena dehidrasi, tapi sakit kuningnya juga karena vakum dan golongan darah ibu dan anaknya beda. Jadinya kenapa gitu, lupa aku. Wakakaka. Maaf, penjelasannya malah gak tuntas. 

Malemnya aku kesana lagi untuk menyusui, dan alhamdulillah tali pusat sakura udah puput sorenya. Sayang aku gak liat, kata bidan doang. Dan malem itu aku sampe jam 22.30, baru pulang. Pejuang asi demi sakura bilirubinnya turun dan normal kembali. Obatnya cuma asi dan sinar soalnya. 

Nah, besoknya, tgl 23 september 2018, pagi2 aku nenenin sakura sama ibu yg kemarin. Siang, ada dr. Rudi dan sakura dan bayi lainnya juga diperiksa. Kata dokter, Sakura sudah boleh pulang! Alhamdulillah yaa Rabb... Sebenernya kalo kata dr. Rudi, dia gak hanya bergantung sama hasil lab saja, tapi juga secara fisik, Sakura kulitnya kalo dipencet lama sudah ga kuning lagi, sudah pink seperti kulit aslinya. Itu menandakan kalo Sakura sudah pulih, hanya tiap hari harus selalu dijemur selama 15 menit mulai jam 06.30-07.30 pagi untuk dapetin cukup sinar uv supaya recoverynya berhasil. Asupan asi juga harus banyak, per 2 jam harus dinenenin yang cukup.

Langsung aku telvon padinya yang ada diluar ruangan, waaah kita happy banget, bersyukur banget banget! Sip laaah, siap2 nunggu Sakura dicek keseluruhan sama dt. Rudi dan ganti pampers, pakai baju, dan dibedong sama suster. Kalo anaknya ibu yang tiap hari menyusui sama aku pulangnya mungkin 2 hari lagi, semangaaat! 
Sakura sudah boleh pulang, alhamdulillah!
Mari nak, kita pulang. Sehat selalu ya, Nak. 
We love you. 

No comments:

Post a Comment

CeritaBumy2018